Sifat Cowok yang Lebih Penting dari Ganteng


Kita tidak bisa naif, memang ganteng itu banyak untungnya. Cewek akan lebih mudah terbuka, calon mertua dapat lebih menerima, lingkungan pun – kecuali jika kalau kita tidak sopan – akan bersikap simpatik pada kita.

Cowo Ganteng

Sayangnya, nggak semua cowok di dunia ini dikaruniai wajah gemilang. Ada juga cowok-cowok seperti kita, yang bukan bintang film dan nggak ganteng secara tradisional.

Tenang. Bagi kita yang nggak ganteng-ganteng amat ini, masih ada harapan menjalani hidup yang “penuh” kok. Lingkungan sekitar kita — termasuk para cewek dan calon mertua — bukan orang yang dangkal dan cuma mementingkan penampilan. Selama punya kualitas-kualitas di bawah ini, kamu layak jadi pujaan.

1. Kamu Hormat Pada Orang Tua

Sifat Cowo Ganteng

Tanpa orang tua yang membesarkannya, seorang cowok nggak akan jadi siapa-siapa. Bukan cuma soal jasa mereka memberi makan dan mengirim ke sekolah mahal. Ini juga perkara pembentukan nilai dan kepercayaan. Lewat ribuan cara, orang tualah yang paling membentuk karakter kita. Apa yang kita setujui, sejauh apa kita sanggup bertoleransi, demi apa kita hidup dan kenapa kita menyayangi — nilai-nilai ini tak akan kita pahami tanpa peran orang tua. Oleh karena itu, yang pantas kita lakukan adalah menghormati mereka.

Apakah kamu berambisi memberikan yang terbaik untuk orang tuamu? Apa kamu memaafkan kesalahan mereka di masa lalu? Apa kamu menghargai harapan mereka, dan berusaha mendamaikannya dengan cita-cita pribadimu?

Kalau jawabannya ‘ya’, kamu memang pantas berbangga diri. Kamu punya karakter terpuji.

2. Kamu Bisa Mengurus Keluarga

Cowo Pengurus Keluarga

Keluarga disini gak sebatas pada anak dan istri. Kamu yang belum menikah pun juga punya kewajiban mengurusi keluargamu. Perhatikan kehidupan adikmu. Jaga eratnya hubungan dengan sepupu.

Keluarga punya harga, dan tugas kamu adalah menjaganya. Pastikan orang-orang yang kamu sayangi itu terjaga keselamatannya. Berikan kemampuan terbesarmu untuk meringankan beban mereka. Jika kamu pandai mengurus keluarga, kamu adalah cowok yang “sebenarnya”.

3. Selalu Bertanggung jawab

Cowo Bertanggung jawab

Sebagai cowok, kamu harus mengetahui risiko tiap langkah yang kamu ambil. Setelah mengetahui risikonya apa, berjanjilah demi harga dirimu untuk bertanggung jawab — apapun hasilnya nanti. Ingat, kekuatan yang besar melahirkan tanggung jawab yang besar pula.

4. Cerdas, Namun Tetap Rendah Hati

Cowo Cerdas Rendah Hati

Cowok cerdas di jagat raya ini banyak! Banyak banget malah. Namun cowok cerdas yang tetap rendah hati itu susah dicari. Dia gak menyombongkan kemampuannya. Dia gak menyalahgunakan kekuatan yang ia miliki demi keuntungan pribadi. Malah sebaliknya, dia gak segan membantu orang sesuai kemampuan dan kapasitasnya.

Terdengar seperti superhero? Yakin deh, orang-orang seperti ini bisa kok kamu temukan ketika kamu mau menyimak sebentar. Memang menemukan mereka harus sabar. Maklum, mereka nggak suka pamer.

5. Kompeten di Dapur

Cowo Pinter Masak

Kalau kamu mengira cowok yang hobi masak itu banci, kamu salah besar! Jajaran 10 chef terbaik di dunia semuanya diisi oleh kaum Adam. Mengapa memasak bikin kamu terlihat ganteng? Karena ketika kamu masak dengan hati yang tulus — walaupun hasilnya gak enak-enak amat — usahamu dihargai oleh tiap orang yang mencicipi makananmu.

Selain itu, dengan bergulat di dapur kamu juga membuktikan bahwa memasak dan kegiatan domestik itu bukan cuma ranah kaum Hawa. Ini adalah langkah kecil membuat dunia yang lebih bebas dari pengkotak-kotakan gak bermakna.

6. Menekuni Hobi

Cowo Punya Hobi

Punya hobi? Tapi apakah hobi namanya jika baru kamu lakukan sekali seumur hidup? Cowok itu harus punya totalitas dalam bidang yang ia tekuni, termasuk juga hobi yang ia gemari. Semingggu sekali naik motor trail di jalan berlumpur itu hobi. Aktif di komunitas cosplay itu hobi. Bikin puisi dan mengunggahnya ke situs pribadimu juga hobi.

Masih banyak hobi-hobi unik lain yang bisa rutin kamu tekuni. Bahkan bukan gak mungkin, hobi itu bakal jadi salah satu sumber pemasukanmu.

7. Gak Manfaatin Cewek Demi Kesenangan

Cowo Menghargai Cewe

Manfaatin cewek buat keuntungan pribadi merupakan hal hina. Percaya atau gak, cowok oportunis seperti ini (sayangnya) emang ada yang hidup di Indonesia. Mulai dari hal ringan seperti minta antar jemput atau minta ditraktir setiap hari, sampai mengobral kata cinta hanya buat memuaskan birahi. Memalukan.

8. Kamu Gak Palsui

Cowo Apa Adannya

Palsu itu yang kayak apa sih? Yang suka berpura-pura bisa namun nyatanya gak bisa. Berpura-pura mengerti, padahal pemahamannya superfisial. Tujuannya cuma satu: kelihatan gaya dan pintar.

Jadilah cowok yang jujur mengakui kelebihan orang lain dan kekurangan diri sendiri. Yang penting bukan kamu tahu segalanya, kok. Yang penting adalah kamu mau mencari tahu apa yang belum kamu tahu. Yang penting adalah ketertarikanmu pada sesuatu di luar dirimu.

9. Sayang Sama Anak Kecil

Cowo Perhatian sama Anak Kecil

Cowok harusnya nggak merasa kaku dengan anak kecil, terutama bayi. Kamu sebenarnya bisa melakukan lebih dari sekedar menggendong bayi: menyuapi makan, menemani mereka bermain, mengajari mereka matematika. Kelihatan feminin? Kata siapa! Mengurus anak kecil nggak seharusnya jadi monopoli wanita!

Sebelum benar-benar jadi ayah, biasakanlah dirimu untuk akrab dengan anak-anak. Pelajari bagaimana mereka berinteraksi. Apa yang bisa kamu ajari pada mereka, ajari. Tujuan utamanya adalah menanamkan pengaruh baik pada mereka sejak dini. Poin plusnya? Kamu akan jadi cowok yang lebih dari sekedar ganteng di mata para calon ibunda.

10. Optimistis

Cowo Optimis

Daripada mengutuk keadaan, cowok yang terpuji akan memilih melihat hikmah dari semua kejadian. Gak hanya sampai di situ, dia tetap mencoba mencari solusi dan percaya bahwa keadaan akan membaik jika dia mau berusaha lebih keras.

11. Punya Rencana

Cowo Punya Rencana Tujuan

Cowok berkualitas mesti punya visi jauh ke depan. Dia punya target yang ingin ia capai dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Sebelum ia tertidur, ia punya bayangan apa yang akan dilakukan besok, bagaimana cara melakukannya, serta apa hasil yang ia harapkan dari itu. Dengan rencana, hidupnya bakal jadi lebih tertata. Segala sesuatu nggak akan dilakukan sia-sia.

12. Bertutur Kata Baik

Cowo Beretika Baik

Jadi cowok emang harus tegas. Tapi itu bukan jadi pembenaran kamu berkata kasar. Apalagi kalau kata-katamu melukai perasaan orang.

Seorang cowok berkualitas harus belajar membaca apa yang ingin dia katakan, serta kapan sebaiknya unek-uneknya dia sampaikan. Dia juga akan berpikir matang-matang bagaimana cara penyampaian yang tepat agar pesan yang ia ingin sampaikan diterima dengan baik oleh lawan bicaranya. Komunikasi yang efektif adalah tujuannya.

13. Peduli Dengan Keadaan Sosial

Cowo Idaman

Menjadi cowok berkualitas bukan hanya ketika kamu tampak seperti wajah aktor Hollywood. Kharismamu baru muncul ketika kamu berani menunjukkan hati.

Kita sering lupa akan hal ini. Padahal, esensi kata “berani” itu ya “sanubari” — istilah ‘courage’ berasal dari bahasa Prancis ‘coeur’ yang artinya “hati”.

Cowok berkualitas punya sensitivitas yang tinggi dengan orang-orang di sekitarnya. Dia bahagia jika melihat orang senang, dan terpanggil ketika orang lain butuh pertolongan. Dia melihat, mendengar dan bekerja demi lingkungannya.

14. Bersahabat Dengan Alam

SIfat Cowo Pencinta Alam

Selain peduli dengan manusia, cowok yang ciamik di mata semua orang haruslah mengerti bahwa dia bagian dari alam. Menghancurkan alam sama saja seperti menghancurkan diri sendiri.

Mudah kok untuk menjadi sahabat alam. Mulai dari memilih dan membuang sampah sesuai jenisnya aja. Kamu juga harus bisa lebih peduli dengan binatang, bagaimana pun juga mereka mahluk bernyawa yang punya pikiran dan perasaan.

15. Ramah Senyum, dan Bisa Membuat Orang Tersenyum

Sifat Cowo Selalu Senyum

Ini senyum yang tulus, ya. Bukan senyum terlalu lebar yang tebar pesona. Sebagai cowok, kamu juga harus pandai beramah tamah, sopan, dan murah senyum. Sementara senyum itu bisa dilatih, bikin orang lain senyum itu yang agak susah. Tapi asalkan kamu tulus membantu, berkata sopan dan bisa membahagiakan orang lain, orang paling murung di dunia pun bisa kamu ajak tersenyum. Bukankah mereka yang paling jarang tersenyum sebenarnya adalah mereka yang paling membutuhkannya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s