Ini Alasan Orang Engga Mau Pindah dari Jogja


“Jogja istimewa bukan hanya tuk dirinya. Jogja istimewa untuk Indonesia” Kalimat ini adalah potongan dari lirik lagu Jogja Istimewa-nya Jogja Hip Hop Foundation. Lirik itu bener banget sih, soalnya, udah terbukti, karena Jogja selalu sukses menjejakkan kesan yang istimewa di hati pendatangnya, banyak yang ngerasa nggak mau pulang dari sana. Apa-apa saja sih alasannya?

10 Alasan Jogja Istimewa

1. Karena Harga Makanannya Murah (BANGET)

10 Alasan Jogja Istimewa

Di burjo yang banyak banget jumlahnya di Jogja, cuma modal 10 ribu, kita udah bisa bikin perut keroncongan jadi perut dangdutan padat berisi. Mau yang rada elit dikit? ada juga loh kafe yang nyedian lemon tea cuma seharga 4 ribu. Kalau mau makan nasi, bisa juga nangkring di angkringan. 10 ribu bisa lah dapet 2 bungkus nasi kucing pake sate telor, sama teh manis. Murah pisan, dab. (nyugja. nyunda jogja).

2. Karena Nggak Macet. Kemana-Mana Deket

10 Alasan Jogja Istimewa 3

Pagi-pagi berangkat sekolah, eh pas di jalan baru inget kalau papan tulisnya ketinggal di rumah. Santai, balik lagi aja ke rumah terus langsung cus lagi ke sekolah.
Nonton bioskop jam 23.59, tapi baru jalan dari rumah jam 23.50. Santai, sampe bioskop juga masih sempet beli popcorn n ngecengin mbak-mbak tikectingnya.
Tur dalam kota ke Malioboro-Keraton-Pabrik Bakpia-Makan Siang di Kedai Kebun-Liat Pameran di Cemeti Art House dikiranya bakal cape dan seharian banget. Taunya? 2-3 jam juga udah kelar.

Jalanan Yogya itu nggak pernah bikin masyarakatnya panik dan ngeluh sih kayaknya. Nggak kusut dan macet kayak Jakarta. Kemana-mana deket pula. Dengan jalan kaki pun kita bisa berkunjung ke banyak tempat.

3. Kota Yang Instagram Genic

10 Alasan Jogja Istimewa 4

Mau foto pohon-pohon gede, Jogja punya banyak. Mau foto gedung-gedung jadul yang terawat, di Jogja ada berderet-deret. Mau foto lagi megang ukulele? ditambahin latar candi-candi bakal makin sip tuh. Mau foto potrait minimalis ala-ala seleb IG? Tamansari cocok jadi tempatnya tuh.

Tata kota dan arsitektur kota Jogja tuh aduhai banget. Ibarat cewek, Jogja itu nggak tinggi, nggak runcing wajahnya, nggak banyak pake make up, tapi punya tatapan mata yang teduh dan cring serta senyum yang bikin melting. Tiap sudut kotanya instagram genic banget lah.[FONT]

4. Kota Yang Travellicious.

10 Alasan Jogja Istimewa 5

Azeek travellicious. kayak bio Instagramnya siapa gitu. Hihi.
Eits, jangan ngecengin dulu. Kalau Yogya sih emang bener-bener asik banget untuk travelling sih. Kita mau traveling jenis apa pun bisa dilakukan di sana. Mau ke tempat-tempat bersejarah? kita bisa ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Condoro, Candi Malarangeng
Mau mantai? Daerah selatan Yogya tuh punya banget pantai yang cuantik. sebut aja pantai Drini, pantai Ngobaran, pantai Sepanjang dan pastinya pantai Parangtritis. Udah gitu jarak antar pantainya nggak begitu jauh. Pindah pantai rasanya udah kayak pindah chanel kalau lagi nonton tv deh. Gampang.
Mau yang rada menantang? bisa main body rafting ke Goa Pindul.
Asiknya lagi, secara geografis kota Yogya tuh ada di tengah-tengah kota-kota lain yang juga punya tempat wisata yang asik. Dari jogja kita bisa langsung cus ke Dieng, Bromo, Karimun Jawa, atau ke Bali sekalian.

5. Karena Hawanya Pas

10 Alasan Jogja Istimewa 5

Kalau panas ya nggak terlalu panas, kalau dingin ya nggak terlalu dingin. Empuk-empuk anget gimana gitu kalo siang. Kalau malem, dingin-dingin empuk. Begitulah Jogja
Hawanya pas banget buat sekedar jalan-jalan dari ujung ke ujung Malioboro atau nambah stok foto Instagram di Taman Sari di siang hari atau ngerasain jadi anak gaul Jogja di malam hari dengan nongkrong-nongkrong di jejeran café kece di daerah Demangan. Kalau soal pacaran mah nggak usah ditanya, hawanya Jogja bikin pengen pelukan mulu sih katanya. Peluk tiang listrik kek, peluk delman kek, atau peluk Tugu jogja. Hihiy.

6. Orang-orangnya Guyub

10 Alasan Jogja Istimewa 6

Di Jogja, kamu bakal nemuin penduduk setempat, orang-orang yang nggak lu kenal bisa jadi akrab sama. Eh mungkin bukan akrab ya, tapi baik banget sama kamu terus bikin kamu nyaman.
Gampang banget mau cari temen di Jogja. Ada banyak banget komunitas disana dengan interest yang berbeda-beda, dan kebanyakan dari mereka sangat welcome dengan orang-orang baru dan nggak sungkan buat nemenin atau nolongin lu. Mereka juga guyub banget, sering kumpul, makanya bisa deket banget dan lo sebagai orang baru bakal otomatis ngerasa attached dan enganged sama Jogja.

7. Karena Kotanya Artsy

10 Alasan Jogja Istimewa 7

Jogja emang sangat serius kalau soal budaya dan seni. Makanya banyak banget tempat yang artsy. Saking artsy-nya kayaknya orang jogja tuh punya slogan 4 Sehat 5 Berkesenian. Hidup kudu mesti dilengkapi pake seni. Bukti gampangnya aja, di Jogja banyak graffiti-mural yang bagus dan terawat.
Acara-acara seni di Jogja kayaknya pun nggak pernah putus sepanjang tahun. Selalu ada. Di Jogja, lo nggak bakalan bosen sama pertunjukkan seni, lo nggak bakal ngerasa ‘ndeso’ karena lo nonton pertunjukkan tradisional.
Jogja tau gimana caranya bikin pertunjukan seni tradisional jadi keren dan kekinian yang juga bisa dinikmati anak-anak muda kayak kita.

8. Karena Kuliahnya belom kelar

10 Jogja Istimewa 8

Kalo belum kelar kuliahnya, belum bisa pulang dong. Entah malu sama bapak ibu dan tetangga di kampung halaman karena belum lulus-lulus, entah sengaja dilama-lamain karena masih betah di Jogja. Ya maklum, namanya juga kota pelajar. Banyak banget anak-anak dari luar Jogja yang kuliah di sana.

9. Karena Hatinya Nyangkut di Jogja

10 Alasan Jogja Istimewa  9

“Hatiku nyangkut di Jogja” cocok nggak tuh jadi judul FTV? haha. Ya begitulah, banyak orang datang ke Jogja dan ogah pulang karena kekasihnya bermukim di situ.

10. …….

10 Alasan Jogja Istimewa 10

Yang no 10 silahkan isi sendiri. karena pasti kalian punya alasan tersendiri buat tetap mengunjungi jogja kembali disamping lasan alasan yang sudah dipaparkan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s