Ibadah Sunnah yang Dikerjakan Sholat Idul Adha 2014


Ibadah Sunnah yang Dikerjakan Ketika Sholat Idul Adha 2014 Beserta Faedah dan Keutamaannya. Ada beberapa ibadah sunnah yang dapat dilakukan seorang muslim pada hari raya Idul Adha. Pengerjaannya ringan, tidak memberatkan, namun niscaya akan mempertebal keimanan kita.

Idul Adha 1435 H

Idul Adha adalah hari raya kedua bagi umat Islam selain Idul Fitri. Dalam perayaan ini, seorang muslim diajak untuk lebih peduli kepada sesamanya. Perayaan Idul Adha dengan menyembelih binatang kurban, bukan hanya sebagai penghormatan terhadap perjuangan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Tetapi juga mengajarkan kita untuk melihat lebih luas keadaan sekeliling.

Gambar Idul Adha 1435 H

Dengan berkurban, kita akan turut meringankan beban kaum yang kurang mampu, meski hanya barang sehari. Dengan berkurban, tidak ada jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin, semua diangkat derajatnya bersama-sama pada hari yang mulia.

DP BBM Idul Adha

Kata Kata Idul Adha

Gambar Kata Kata Idul Adha 1435 H

Gambar Kata Mutiara Idul Adha

Untuk menambah sempurna Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang bisa dikerjakan. Yang pertama, pada malam sebelum 10 Dzulhijjah dianjurkan untuk mengumandangkan takbir. Tidak hanya berhenti di sana, tetapi juga berlanjut hingga malam hari tanggal 13 Dzulhijjah (malam terakhir hari tasyrik).

Idul Adha 1435 H Kata

Dalam kitab Raudlatut Thalibin dinukilkan, “Disunnahkan mengumandangkan takbir pada malam hari raya mulai terbenamnya matahari, dan sangat disunahkan juga menghidupkan malam hari raya tersebut dengan beribadah.”

Animasi Kata Kata Idul Adha

Kedua, mandi sebelum mengerjakan Salat Ied. Ini bisa dilakukan pada pertengahan malam, menjelang subuh, atau setelah masuk waktu subuh. Dengan mandi, kebugaran terjaga dan badan dalam kondisi bersih sebelum salat.

Idul Adha Kata Kata+IDUL+ADHA

Ketiga, diharapkan umat Islam mempersiapkan diri dengan baik menjelang sholat. Ini meliputi memotong rambut (agar rapi), memotong kuku, atau juga memakai wangi-wangian.

Ibadah Idul Adha

Keempat, memakai pakaian terbaik untuk salat. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a, “Rasulullah saw. di hari raya Ied memakai Burda Hibarah (pakaia indah dari Yaman).

Selamat Idul Adha 1435 H

Kelima, berjalan kaki menuju tempat salat Ied. Diriyawatkan oleh Ibnu Umar r.a, “Rasulullah saw. berangkat untuk melaksanakan shalat Ied dengan berjalan kak. Begitu pula ketika pulang tempat shalat Ied.” Adapun bagi umat Islam yang memiliki kendala kesehatan atau tidak mungkin berjalan, bisa menggunakan kendaraan.

Keenam, dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu sebelum salat Ied. Diriwayatkan “Rasulullah saw. … pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.” (H.R. Ahmad)

Sumber : iberita.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s